Keterampilan Keuangan untuk Semua

Menggunakan atau Tidak Menggunakan Smartphone?

Oleh Alderman Jason

Istri saya memutuskan untuk meng-upgrade ponsel lamanya menjadi "smartphone" dan meminta bantuan saya. Pada awalnya, kami berhadapan dengan kesulitan yang sering dihadapi para pembeli "smartphone": Bagaimana memilih di antara ratusan ponsel yang ada, memilih penyedia layanan yang benar dan memutuskan penggunaan paket panggilan (telepon) dan data serta pilihan yang paling cocok dengan kebutuhan tanpa mengeluarkan banyak biaya?

Berikut adalah beberapa hal yang kami pelajari:

Apa itu "smartphone"? Perangkat atau gadget "all-in-one" yang memungkinkan Anda: mengirim dan menerima panggilan telepon, email dan pesan-pesan singkat, mengakses internet, mengatur dan mensikronkan kalender Anda, menggunakan aplikasi seperti informasi cuaca dan lalu lintas, permainan (games), jejaring sosial dan peta; memainkan musik, video dan banyak lagi.

Penerimaan. Penerimaan (telepon) di rumah Anda, perjalanan pulang pergi dan pekerjaan merupakan komponen penting ketika memilih penyedia layanan ("service provider"). Sayang sekali, kekuatan sinyal. kecepatan mengunduh dan faktor lain bisa sangat berbeda dari daerah yang satu dengan yang lainnya.

Tanyalah pada teman dan tetangga anda seberapa puas mereka dengan layanan yang diberikan.

Tidak ada perbandingan yang benar-benar persis. Banyak variabel yang menyulitkan proses pemilihan, termasuk:

  • Beberapa model (ponsel) hanya tersedia untuk penyedia layanan tertentu.
  • Hampir semua "smartphone" menggunakan beberapa variasi standar keyboard "QWERTY" seperti layar sentuh dan/atau tombol timbul yang dipasang di bawah layar tampilan atau pada keyboard "slide out" yang memudahkan pengetikan. Ukuran tombol, spasi dan sensitifitas pun berbeda-beda, karena itu cobalah beberapa tipe untuk kenyamanan dan kemudahan operasi, terutama jika Anda bertangan besar.
  • Ukuran layar, bentuk handset, berat dan lamanya baterai bertahan juga berbeda satu dan yang lainnya, karena itu kunjungi penjual atau toko eletronik untuk membandingkan telepon, sekalipun Anda pada akhirnya membeli secara online. Mintalah untuk mencoba beberapa panggilan telepon dan periksa kualitas suara di ponsel yang Anda gunakan dan pada ponsel penerima.
  • Jika Anda ingin menerima email pekerjaan dan membuka dokumen-dokumen, pastikan sistem operasi (OS) cocok dengan sistem yang digunakan di tempat kerja Anda dan dengan demikian Anda akan dapat mengakses pekerjaan Anda.

Pertimbangan biaya. Meskipun dilihat dari segi harga "smartphone" itu mahal, untuk menentukan biaya sebenarnya dari kepemilikan smartphone adalah dengan menghitung biaya yang dibayarkan untuk berlangganan atau membeli paket data. Tergantung pada apakah Anda memilih paket data, Internet dan pesan singkat, Anda dapat mengeluarkan Rp. 20.000 sampai Rp.150.000-ditambah biaya operasional bulanan.

Pengeluran lain-lain yang perlu dipertimbangkan: aksesoris (charger/pengisi daya, Bluetooth, charger dan memory card external); berbagai biaya aplikasi-aplikasi perangkat lunak seperti nada dering, permainan, fitur TV dan radio, navigasi GPS; dan biaya tambahan untuk panggilan internasional.

Sumber-sumber lainnya untuk perbandingan dapat Anda temukan di majalah atau situs mengenai gadget dan selular seperti www.jeruknipis.com.

Adapun mengenai istri saya, seorang temannya meminjamkan Ally LG dan sekarang istri saya jadi ketagihan. Ally yang ramping, kuat dan dapat menjalankan atau mengoperasikan sistem operasi Google Android. Dan sekarang saya sudah memiliki telepon yang membuat orang lain iri.




Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi umum dan tidak dianggap sebagai nasihat hukum, pajak dan keuangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kepada penasihat pajak dan keuangan tentang peraturan-peraturan yang berlaku untuk situasi Anda dan tentang situasi keuangan Anda.

<< kembali ke Artikel

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.