Keterampilan Keuangan untuk Semua

Konsekuensi Kebiasaan Telat Membayar

Oleh Alderman Jason

Saya adalah orang terakhir yang mencela siapa saja yang terlambat membayar kewajibannya, mengingat penyimpangan seperti itu kadang saya lakukan juga. Namun, saya perlu mengingatkan Anda bahwa menunda pembayaran kewajiban Anda adalah kebiasaan yang merugikan dan kerugiannya bisa signifikan.

Ini adalah contoh-contoh konsekuensi dan kerugian keuangan dari keterlambatan pembayaran:

  • Aliran listrik diputus. Coba ingatkan diri Anda sendiri agar tepat waktu dalam membayar tagihan listrik. Perusahaan listrik memiliki hak untuk memutus aliran listrik jika satu bulan berlalu sejak Anda menerima tagihan tetapi belum dilunasi. Akan ada biaya tambahan jika Anda terlambat dalam memenuhi pembayaran. Perusahaan listrik memiliki biaya denda sendiri tergantung pada daya listrik yang terpasang di rumah Anda.
  • Denda/Penalti pajak.Semua orang tahu pajak penghasilan jatuh tempo pada akhir bulan Maret. Jika surat pemberitahuan pajak (SPT) Anda atau permintaan perpanjangan tidak diajukan pada waktu jatuh tempo, denda/penalti atas pajak terutang Anda akan meningkat secara dramatis. Anda akan membayar dua persen tambahan dari pajak yang terutang untuk setiap bulan Anda terlambat membayar pajak Anda.

Berikut adalah beberapa penundaan lain yang dapat menguras dompet Anda:

  • Terlambat memperpanjang STNK kendaraan dan Anda dapat ditilang.
  • Tidak melakukan pengecekan berkala pada mobil dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang mahal di kemudian hari.
  • Hal yang sama berlaku untuk tubuh Anda: lakukan pemeriksaan gigi secara rutin dan pemeriksaan fisik untuk mencegah kondisi medis yang serius atau deteksi secara dini.
  • Selalu memberitahukan dengan segera perubahan alamat baru Anda kepada pihak yang menerbitkan surat tagihan. Pembayaran yang terlambat dapat mengakibatkan biaya keterlambatan dan bahkan bunga yang senantiasa meningkat.
  • Jika beberapa hal di atas sering Anda alami, coba lakukan sesuatu untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu satu demi satu.



  • Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi umum dan tidak dianggap sebagai nasihat hukum, pajak dan keuangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kepada penasihat pajak dan keuangan tentang peraturan-peraturan yang berlaku untuk situasi Anda dan tentang situasi keuangan Anda.

    << kembali ke Artikel

    Email to a friend

    Your Name:
    Your Email:
    Recipient's Email:
    Message:


    The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.