Keterampilan Keuangan untuk Semua

Apa yang Anda Perlu Ketahui Tentang Kartu Pra Bayar

Oleh Alderman Jason

Menurut Gail Cunningham, juru bicara Yayasan Konseling Kredit Nasional di AS, kita hidup dalam masyarakat yang didominasi oleh kredit. Ia mengatakan "tanpa cek atau tabungan, sangatlah sulit untuk mengambil gaji, dana jaminan sosial serta tunjangan-tunjangan. Anda memerlukan kartu kredit atau debit untuk berbelanja online, memesan tiket pesawat atau menyewa mobil dan Anda mungkin akan terpaksa membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk membayar tagihan."

Salah satu alat pengelola keuangan yang semakin umum untuk kondisi ini adalah kartu pra bayar. Kartu ini bekerja seperti kartu debit pada umumnya, hanya saja pendanaannya bukan melalui rekening cek atau tabungan, tetapi kartu Anda diisi dengan uang tunai, dan untuk beberapa bank, bisa menerima pengisian dana melalui cek, transfer atau setoran langsung.

Fitur kartu pra bayar pada umumnya mencakup :

  • Anda tidak memerlukan rekening bank atau rekam jejak kredit yang baik untuk memilikinya
  • Kartu dimulai dengan saldo kosong hingga Anda mengisinya dengan uang. Pembelian atau pengambilan lewat ATM akan mengurangi saldo kartu hingga nol dan Anda dapat membuangnya (seperti gift card) atau Anda bisa melakukan pengisian ulang.
  • Pembelanjaan terbatas pada jumlah yang tersedia dalam kartu sehingga Anda tidak dapat berbelanja lebih dari yang Anda miliki.
  • Beberapa jenis kartu pra bayar dapat digunakan untuk pengambilan dana lewat ATM dan pembelian secara online atau lewat telepon.
  • Lebih aman daripada membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Di Indonesia, tipe kartu pra bayar yang dikenal adalah kartu isi ulang, yang dapat diisi ulang atau ditambahkan kemudian. Sedangkan di negara-negara lain, dikenal beberapa tipe lain, yaitu:

  • Gift card – kartu yang memiliki nilai tunai tertentu yang dapat digunakan hingga saldo habis namun tidak dapat diisi ulang.
  • "Teen cards" – kartu prabayar untuk remaja, dimana orang tua dapat mengisi ulang kartu dan memantau pembelanjaan secara online atau lewat telepon (memungkinkan para remaja untuk mendapat kesempatan mengatur keuangan dan anggaran dalam situasi terkontrol)
  • Kartu perjalanan – alternatif aman untuk uang tunai dan cek perjalanan
  • Kartu gaji – kartu diisi dengan uang sejumlah gaji yang didapatkan yang dapat segera diakses.
  • Kartu yang dikeluarkan lembaga pemerintah – tunjangan seperti jaminan sosial dan tunjangan PHK diisi ke dalam kartu.
  • Kartu Perawatan Kesehatan – memungkinkan akses ke dana yang ada dalam Rekening Pengeluaran Fleksibel atau Rekening Tabungan Kesehatan untuk membayar biaya-biaya kesehatan yang masuk persyaratan.

Penggunaan kartu pra bayar dapat disertai biaya-biaya dan ketentuan-ketentuan, sehingga sangatlah penting untuk membaca syarat dan ketentuan kartu dengan hati-hati dan bandingkanlah berbagai jenis kartu prabayar sebelum memutuskan apa yang akan digunakan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu diperhatikan ketika membandingkan kartu :

  • Kartu identitas apa yang saya butuhkan untuk memiliki kartu ini?
  • Dimana saya dapat menggunakannya? (Toko tertentu? Online? Telepon?)
  • Dapatkah saya menambah dana kemudian? Sebagai contoh, apakah kartu ini menerima setoran langsung untuk gaji atau tunjangan sosial?
  • Apakah ada masa berlaku?
  • Apakah saya akan menerima rincian bulanan?
  • Dapatkah saya mengecek saldo lewat telepon atau online?
  • Biaya apa yang berlaku untuk kartu ini? Biaya pada umumnya mencakup aktivasi kartu, dana isi ulang saldo, keterangan saldo, pengambilan lewat ATM atau bank dan transaksi yang ditolak.
  • Apa yang akan terjadi jika kartu hilang atau dicuri?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana kartu pra bayar dapat digunakan, Anda dapat memesan brosur "Prepaid Card Basics" gratis pada Ketrampilan Keuangan Praktis untuk Kehidupan (www.practicalmoneyskills.com), program pengelolaan keuangan pribadi gratis dari Visa Inc. Intinya adalah : Selalu pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan dari berbagai produk keuangan atau tabungan sebelum mendaftarkan diri.

Intinya adalah : Selalu pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan dari berbagai produk keuangan atau tabungan sebelum mendaftarkan diri.




Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi umum dan tidak dianggap sebagai nasihat hukum, pajak dan keuangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kepada penasihat pajak dan keuangan tentang peraturan-peraturan yang berlaku untuk situasi Anda dan tentang situasi keuangan Anda.

<< kembali ke Artikel

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.