Keterampilan Keuangan untuk Semua

Apakah Anak Anda Siap Menggunakan Ponsel?

Oleh Alderman Jason

Jika anak pra-remaja Anda belum merongrong untuk dibelikan ponsel, berarti dapat dibilang Anda termasuk dalam kelompok langka. Penelitian telah menemukan bahwa sekitar 70 persen dari anak usia 11 – 14 tahun saat ini menggunakan ponsel. Contoh yang lebih nyata, anak kami yang berusia 10 tahun sudah berbulan-bulan merengek meminta ponsel.

Reaksi awal saya adalah, "Tidak". Tetapi setelah diselidiki, saya menyadari mengapa banyak orangtua akhirnya menyerah. Berikut adalah beberapa pro dan kontra untuk memberikan anak pra remaja Anda telepon, dan beberapa langkah pengamanan yang dapat Anda ambil:

Keselamatan. Siapa pun yang pernah mengalami ban kempes atau tersesat bisa memberikan kesaksian akan kegunaan ponsel. Di sisi lain, kecuali jika Anda memasang pengaman, anak Anda dapat mengakses konten yang tidak patut atau lebih rentan terhadap perilaku kejahatan terhadap anak-anak dan menjadi incaran empuk.

Pengeluaran. Penggunaan ponsel termasuk panggilan, pesan teks, internet dan download aplikasi, dapat menjadi sangat mahal. Anda dapat memilih paket prabayar dan bukan pasca bayar. Paket prabayar memungkinkan Anda untuk membatasi pulsa. Berbagai paket pra bayar menawarkan ragam pilihan tarif panggilan dan pesan teks (SMS).

Keuntungan dari paket prabayar adalah Anda tidak terikat dalam kontrak-layanan; tahu persis berapa besar penggunaan mereka, dan Anda dapat membatasi penggunaan mereka. Kekurangannya adalah saat keadaan darurat dan pulsa anak-anak Anda habis , mereka tidak dapat menghubungi siapa pun. Tapi hal itu masih lebih baik dari paket pasca bayar karena ketidakdisiplinan anak kemungkinan besar akan menghasilkan tagihan yang membengkak.

Salah satu cara terbaik untuk melindungi anak-anak Anda adalah dengan berlangganan paket kontrol orangtua dengan operator Anda. Fitur – fitur yang tersedia sangat bervariasi, tetapi telitilah hal hal berikut:

  • Carilah perangkat lunak kontrol orangtua atau aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membatasi / memblokir download (hiburan mahal / nada dering yang tidak pantas, musik, video, dll)
  • Blok situs konten dewasa dari telepon berkemampuan internet.
  • Blok panggilan / teks dari nomor tertentu atau tidak diketahui (membantu mencegah orang-orang yang berniat jahat /tidak baik).
  • Memantau lokasi fisik anak Anda (telepon berkemampuan GPS-)

Cara lain adalah menetapkan kontrol Anda sendiri, yaitu membatasi waktu penggunaan (misalnya pada saat makan, belajar atau waktu tidur).

Tidak semua anak siap bertanggung jawab untuk memiliki sebuah ponsel. Tetapkan aturan dasar dan bersiaplah untuk memberikan hukuman jika mereka melewati batas, seperti tidak mentaati peraturan sekolah, melampaui jam malam atau waktu penggunaan, penyalahgunaan telepon, berulangkali kehilangan atau merusak telepon, dll. Pastikan mereka ikut berkontribusi dari uang saku mereka untuk biaya ponsel.

Dengan anak saya, permasalahannya bukan "jika" tetapi "kapan." Saat waktunya tepat nanti, dia akan menanggung biaya handset dan menambah satu lagi pos dalam perencanaan keluarga kami. Hal ini tentu saja akan memungkinkan dia untuk merongrong saya untuk mendapatkan barang yang terbaru.




Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi umum dan tidak dianggap sebagai nasihat hukum, pajak dan keuangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kepada penasihat pajak dan keuangan tentang peraturan-peraturan yang berlaku untuk situasi Anda dan tentang situasi keuangan Anda.

<< kembali ke Artikel

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.