Keterampilan Keuangan untuk Semua

Baca Kontrak dengan Hati-hati

Oleh Alderman Jason

Seberapa sering Anda diminta untuk menandatangani sesuatu? Yang saya maksud bukan menandatangani kartu ucapan ulang tahun, tetapi menandatangani dokumen-dokumen hukum dan keuangan yang mengikat – hal-hal seperti menandatangani sebuah cek sampai dengan penandatanganan tanda terima penjualan sampai dengan pembelian sebuah rumah. Apa pun bentuknya, semua dokumen yang disebut terakhir adalah Kontrak atau Perjanjian.

Dalam arti luas, kontrak adalah perjanjian yang saling mengikat antara dua pihak atau lebih untuk melakukan - atau tidak melakukan - sesuatu. Setelah kontrak ini berlaku, umumnya tidak dapat diubah kecuali semua pihak setuju. Dan, dengan sangat sedikit pengecualian kontrak-kontrak tersebut tidak dapat dengan mudah dilanggar.

Kadang-kadang kontrak tersebut bersifat formal, dokumen ditandatangani yang menguraikan persyaratan-persyaratan khusus dan penalti atau hukuman jika persyaratan-persyaratan tidak terpenuhi. Misalnya, jika Anda tidak melakukan pembayaran cicilan KPR Anda, kreditur dapat menyita rumah Anda. Pada waktu lain, kontrak-kontrak bisa dalam bentuk perjanjian lisan atau tersirat. Jika Anda membeli susu kadaluwarsa atau basi, Anda dapat meminta pengembalian uang Anda.

Sebelum Anda membuat dan menandatangani Kontrak atau Perjanjian. Coba antisipasi kekeliruan yang mungkin terjadi. Sebagai contoh:

  • Anda menandatangani sebuah perjanjian sewa menyewa rumah tetapi kemudian Anda memutuskan tidak sanggup membayar sewa atau tidak suka dengan lingkungan tetangga.
  • Anda membeli sebuah mobil yang sebenarnya Anda tidak mampu, dan ketika Anda mencoba menjual mobil tersebut, harga mobil tersebut kurang dari saldo pinjaman yang belum dibayarkan.
  • Anda membeli sesuatu ketika ada diskon atau bazaar dan Anda tidak memperhatikan pengumuman kebijakan toko "Barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan."
  • Anda bersama-sama menandatangani sebuah kontrak sewa-menyewa kamar dengan seorang teman yang kemudian keluar dan membiarkan Anda bertanggung jawab membayar sewa.
  • Anda menyewa mobil dan kemudian secara kebetulan mengetahui bahwa Anda telah sepakat untuk mengasuransikan atau menyepakati fitur pilihan lainnya yang sebenarnya tidak Anda inginkan atau butuhkan.
  • Anda setuju untuk menanda-tangani suatu pinjaman dan orang lain – rekan Anda – berhenti melakukan pembayaran dan membiarkan Anda bertanggung jawab atas jumlah penuh - jika tidak hutang Anda akan terlantar.
  • Anda membeli mobil dan kemudian melihat bahwa kesepakatan penjualan termasuk perpanjangan garansi atau fitur lain yang secara lisan tidak Anda setujui.
  • Anda membeli sebuah ponsel dengan masa garansi dua tahun, tapi setelah masa tenggang berakhir, penerimaan jaringan ponsel Anda sering terputus-putus.

Remaja usia belasan tahun yang secara finansial belum berpengalaman dan orang dewasa muda sering membuat kesalahan seperti itu, oleh sebab itu pastikan untuk membahas implikasi atau akibat-akibat dari penandatanganan kontrak dengan anak-anak Anda sebelum mereka berusia 21.

Berikut adalah tip tambahan yang perlu dipertimbangkan:

  • Pastikan apapun yang Anda tandatangani tidak ada bagian kosong yang tak terisi, sekalipun pihak lain menjanjikan untuk mengisinya dengan cara tertentu.
  • Jangan takut untuk meminta kontrak dibawa pulang untuk dipelajari terlebih dahulu atau meminta pendapat lain. Anda dapat memperoleh bantuan dari seorang pengacara atau penasihat keuangan.
  • Jangan ada tekanan untuk menandatangani apapun: Jika tenaga penjual mencoba siasat ini, tinggalkan dia.
  • Pastikan semua yang Anda sepakati secara lisan muncul tertulis dalam kontrak. Hal ini sangat penting untuk syarat dan kondisi seperti suku bunga, uang muka, diskon dan denda atau penalti.
  • Simpan salinan setiap dokumen yang Anda tanda-tangani. Ini akan sangat penting dalam kasus jaminan sewa diperebutkan atau "rental contested deposits" (bila Anda membatalkan uang tidak kembali), barang rusak, klaim asuransi, jaminan yang diperluas, dll.
  • Perhatikan kotak-kotak yang tidak terisi dalam penawaran online sebelum mengirimkan informasi pembayaran untuk sebuah pesanan, kotak-kotak itu bisa mengikat Anda pada hal-hal yang tidak Anda inginkan.
  • Ajaklah seorang pendamping yang lebih tahu dan dapat membantu Anda ketika ingin menyewa rumah atau membeli sebuah mobil.

Ingat, kontrak dirancang untuk melindungi kedua belah pihak. Pastikan Anda memahami semua rincian sebelum menandatangani bagian-bagian di mana Anda harus membubuhkan tanda-tangan.




Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi umum dan tidak dianggap sebagai nasihat hukum, pajak dan keuangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kepada penasihat pajak dan keuangan tentang peraturan-peraturan yang berlaku untuk situasi Anda dan tentang situasi keuangan Anda.

<< kembali ke Artikel

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.