Keterampilan Keuangan untuk Semua

Manfaat Luar Biasa Bunga Majemuk

Oleh Alderman Jason

Saya hanya bisa berharap saya sudah lama mengenal kekuatan "bunga majemuk". Ketika masih kecil saya bekerja membawa anjing berjalan-jalan di lingkungan tetangga dengan penghasilan US$ 5 per minggu. Jika saat itu saya telah memulai menginvestasikan US$ 5 tiap minggunya dari umur 9 tahun sampai dengan usia 65 tahun, uang saya sudah akan bejumlah US$ 254,000, dengan asumsi bunga sebesar 8 persen.

Sayang sekali, saya tidak memahami makna bunga majemuk sampai beberapa tahun kemudian. Saya kehilangan kesempatan untuk memaksimalkan setoran dana pensiun saya di beberapa tahun pertama, yang bisa menghasilkan dampak yang begitu besar di saat saya pensiun.

Tetapi sisi positifnya, anak laki-laki saya yang berusia 11 tahun belajar dari kesalahan saya dan menabungkan honor mingguannya sebagai loper koran sebesar US$ 10 yang ia peroleh untuk menambah uang sakunya. Saya dan isteri saya memberi insentif dengan menyetorkan uang dengan jumlah yang sama tiap minggunya di rekening Roth IRA (tabungan pensiun yang berlaku bagi warga negara AS) yang kami siapkan untuknya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan "bunga majemuk" itu? Pada dasarnya, bunga majemuk terjadi saat Anda menyisihkan sejumlah uang – baik dalam bentuk tabungan, rekening/tabungan pensiun atau menanam modal di bursa saham – dan kemudain membiarkan atau tidak menarik uang tersebut. Di saat rekening Anda memperoleh bunga atau dividen, Anda secara terus-menerus menginvestasikan kembali keuntungan/dividen tersebut, dan dengan cara demikian menghasilkan pendapatan tambahan ("compunding") dengan lebih cepat.

Beberapa situs bank menyediakan fitur kalkulator interaktif untuk menaksir berapa jumlah tabungan dengan berbagai skenario.

Anda bisa menyetorkan dana untuk diinvestasikan sekali saja, dana itu akan berkembang dengan tingkat bunga dan jangka waktu yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah investasi Rp. 10.000.000 dengan bunga 8% akan tumbuh menjadi Rp. 22.080.000 setelah 10 tahun; Rp. 48.754.000 setelah 20 tahun dan Rp. 107.652.000 setelah 30 tahun.

Jika Anda dapat menyisihkan uang setiap bulan, pundi-pundi Anda bahkan akan tumbuh lebih cepat. Jika Anda menyisihkan Rp. 100.000 per bulan pada usia 21 tahun untuk diinvestasikan dalam instrumen yang memberikan bunga 8%, maka pada usia 65 tahun dana Anda akan bernilai Rp.447.000.000. Dengan meningkatkan setoran bulanan menjadi Rp. 200.000, uang Anda akan menjadi dua kali lipat sebesar Rp. 893.000.000.

Semakin tinggi risiko sebuah investasi, semakin besar potensi pendapatan yang akan Anda terima – dan juga semakin besar potensi kerugian yang akan Anda alami. Sebagai contoh, rekening tabungan regular biasanya menawarkan tingkat bunga sangat rendah dengan risiko kerugian sangat rendah. Di sisi lain, berinvestasi pada pasar saham berpotensi mendapatkan tingkat investasi dua digit untuk jangka waktu panjang. (Tentu saja, saham bisa menjadi sebuah investasi jangka pendek berisiko.)

Lalu, mengapa tidak hanya memparkir (menyimpan) Anda di suatu tempat penyimpanan yang aman? Sederhana: Inflasi. Jika uang Anda mendapat bunga 2% tetapi tingkat inflasi 3%, maka sebenarnya Anda akan menderita kerugian bersih 1%.

Dengan menggunakan skema menabung " Rp. 100.000 per bulan seperti di atas, jika Anda berharap mendapatkan bunga 8% tetapi tingkat inflasi per tahun 3.1 (tingkat rata-rata keseluruhan sejak tahun 1925), maka saldo rekening Anda pada usia 65 tahun akan bernilai kira-kira Rp.117.000.000 dengan nilai uang saat ini dibandingkan dengan Rp, 447.000.000 hasil bunga berbunga tadi.

Semakin lama Anda menunda menabung, semakin sulit Anda mengejar ketinggalan. Jika Anda berinvestasi Rp. 200.000 per bulan dengan bunga 8%, maka setelah 30 tahun dana Anda akan bernilai Rp. 285.522.000 Tetapi bila Anda menunggu 2 tahun lagi untuk mulai berinvestasi, maka saldo tersebut akan menciut menjadi hanya Rp. 283.612.000 – yaitu berkurang Rp. 44.910.000. Bila Anda menunda 5 tahun, maka nilai dana Anda akan anjlok menjadi hanya Rp.183.968.000

Prinsip dasar: Jangan tunda untuk menabung dan berinvestasi. Dan sertakan anak-anak Anda untuk menikmati keuntungan bunga majemuk (compounding); mereka akan beterima kasih kepada Anda ketika mereka seusia Anda.




Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi umum dan tidak dianggap sebagai nasihat hukum, pajak dan keuangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kepada penasihat pajak dan keuangan tentang peraturan-peraturan yang berlaku untuk situasi Anda dan tentang situasi keuangan Anda.

<< kembali ke Artikel

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.