Keterampilan Keuangan untuk Semua

Mengatur Anggaran, Cara Lambat Namun Pasti untuk Menjadi Pemenang

Oleh Alderman Jason

Mengatur anggaran itu seperti diet. Tidak ada cara tunggal yang bisa berhasil bagi semua orang berfungsi untuk semua orang, perencanaan anggaran yang terlalu rumit jarang bisa berhasil untuk jangka panjang, dan kadang memerlukan beberapa kali percobaan sebelum menemukan yang paling pas.

Satu kendala yang biasanya dijumpai adalah menganggap perencanaan keuangan sebagai sebuah hukuman bukannya salah satu cara untuk meraih tujuan hidup Anda. Katakanlah Anda bermimpi untuk membeli sebuah rumah. Sebaiknya, perencanaan anggaran jangan dianggap sebagai hal yang mengingatkan bahwa Anda tidak mampu membayar uang mukanya, melainkan, sebagai alat untuk membantu mengidentifikasikan kemana nantinya uang Anda akan dipakai setiap bulannya, sehingga Anda dapat menyesuaikan pengeluaran dan menabung secara teratur.

Jika Anda masih belum berpengalaman mengatur anggaran atau Anda belum pernah sukses sebelumnya, mulailah dengan bertahap. Pertama-tama, untuk beberapa bulan pertama catat setiap pengeluaran Anda: cicilan/sewa rumah, tagihan rutin keperluan rumah, bahan makanan, bensin, kesehatan, hadiah ulang tahun, bunga kartu kredit, uang saku. Jangan lupa dengan pengeluaran tahunan seperti asuransi dan pajak penghasilan. Kedengarannya membosankan, tetapi saya yakin Anda akan terpana dengan manfaatnya.

Di saat yang sama, pantaulah pendapatan Anda. Membandingkan pemasukan dengan pengeluaran juga bisa memberi pencerahan. Jika hasilnya impas atau bahkan defisit tiap bulannya, berarti mungkin Anda perlu mencari sumber pendapatan tambahan dan/atau secara agresif mengubah pola pengeluaran Anda.

Untuk membantu penyusunan anggaran, Anda bisa mengunduh template dari internet (cari dengan kata kunci: "Budget Worksheet"). Atau gunakan fitur interaktif seperti kalkulator perencanaan anggaran di situs-situs. Practical Money Skills for Life (Keterampilan Pengelolaan Keuangan untuk Kehidupan), sebuah program pengelolaan keuangan gratis yang dijalankan oleh Visa, memiliki kalkulator anggaran untuk segala kebutuhan mulai dari biaya sekolah hingga biaya liburan dan pensiun yaitu www.practicalmoneyskills.co.id/kalkulator.

Setelah Anda siap untuk menuju tingkat berikutnya Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak dan layanan manajemen online untuk pengelolaan keuangan – beberapa di antaranya gratis, tetapi ada juga yang mengharuskan kita untuk bayar sekali untuk durasi tertentu atau per bulan. Layanan-layanan yang dikenal dan dipercaya antara lain Quicken, Mint.com, Yodlee dan Mvelopes, sedangkan di Indonesia ada www.ngaturduit.com. Fitur-fitur yang tersedia antara lain:

  • Account aggregation – memindahkan informasi transaksi dan saldo dari bank, kartu kredit, dan investasi dan rekening lainnya ke dalam satu database umum.
  • Transfer uang antar rekening, beberapa juga memungkinkan melakukan pembayaran tagihan secara online
  • Melacak, mengkategorikan, dan mencatat keterangan transaksi – yang berguna saat harus menghitung pajak penghasilan
  • Diagram dan grafik yang interaktif untuk membantu memvisualisasikan perubahan dalam pengeluaran dan kebiasaan menabung.

Mulailah mencatat apa tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda – membeli mobil atau rumah baru, menabung untuk pensiun dan liburan, melunasi hutang, membiayai kuliah, mengumpulkan dana darurat, dll. Anda tidak akan menyelesaikan semua tantangan keuangan Anda sekaligus, tetapi mulailah membereskannya satu persatu, pada akhirnya Anda akan melihat hasil yang memuaskan.

Berikut ada beberapa saran yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Carilah pos pengeluaran yang menunjukkan pemborosan untuk Anda kurangi atau hilangkan, setidaknya untuk sementara waktu saja.
  • Kurangi premi asuransi dengan menaikkan niliai minimum pertanggungan.
  • Selalu membayar jumlah minimum pada cicilan pinjaman dan tagihan kartu kredit Anda untuk menghindari biaya keterlambatan.
  • Susunlah data hutang sesuai dengan tingkat suku bunga dan lunasilah dahulu hutang dengan suku bunga terbesar,
  • Buat rekening tabungan terpisah untuk berbagai tujuan jangka panjang dan transfer uang secara otomatis dengan memotong langsung dari rekening gaji Anda atau rekening giro Anda – bahkan jika itu hanya dalam jumlah kecil setiap bulan. Jangan meminjam uang dari satu rekening untuk menutupi biaya di tempat lain, terutama rekening simpanan dana pensiun Anda – implikasi pajaknya saja sudah menakutkan.

Untuk tips mengatur anggaran lebih lanjut, kunjungi www.practicalmoneyskills.co.id.

Ketika mengatur anggaran, seperti halnya sedang diet, ingatlah kisah lomba antara kura-kura dan kelinci. Yang lambat tetapi stabil jadi pemenangnya.




Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi umum dan tidak dianggap sebagai nasihat hukum, pajak dan keuangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kepada penasihat pajak dan keuangan tentang peraturan-peraturan yang berlaku untuk situasi Anda dan tentang situasi keuangan Anda.

<< kembali ke Artikel

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.