Keterampilan Keuangan untuk Semua

Kartu Debit

Dalam beberapa tahun terakhir, kartu debit menjadi populer dan sering menggantikan pembayaran tunai dan cek. Tidak seperti kartu kredit, kartu debit terikat secara langsung dengan rekening tabungan. Ketika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, artinya Anda mengambil pinjaman dari penerbit kartu, sementara ketika berbelanja dengan kartu debit artinya Anda menarik uang dari rekening tabungan tersebut. Karena kartu debit Anda terikat dengan rekening bank, ada beberapa pertimbangan dan tindakan pencegahan khusus yang harus diingat ketika Anda menggunakannya.

Selalu Tahu Posisi Saldo
Selalu ketahui saldo terkini rekening bank dan dana yang tersedia. Jangan lupakan cek yang belum dikeluarkan dari tabungan Anda. Pertimbangkan untuk mendaftar fasilitas perbankan online dari bank Anda, yang memungkinkan Anda untuk mengatur pembelanjaan dengan kartu debit, cek dan pembayaran tagihan secara bersamaan. Anda akan memiliki satu pintu untuk mengelola semua pemasukkan dan pengeluaran di rekening Anda.

Ketahui Batasan Anda
Banyak bank membebankan biaya jika Anda menggunakan ATM dari bank lain dengan kartu debit Anda dan biasanya mereka membebankan pada pengguna yang bukan konsumen bank tersebut saat menggunakan ATM nya. Daripada membayar lebih, pilih bank dengan ATM yang mudah dan tersedia di tempat tinggal atau kerja Anda, atau gunakan kartu debit untuk menarik uang tunai ketika berbelanja.

Juga ingatlah untuk mencatat penggunaan uang Anda. Ketika Anda menulis cek atau melakukan pembayaran otomatis yang melebihi saldo rekening, Anda mungkin akan dikenakan biaya overdraft.

Setorkan uang ke rekening Anda secara teratur untuk menghindari biaya tambahan.

Hentikan Biaya Tambahan
Banyak bank membebankan biaya jika Anda menggunakan ATM dari bank lain dengan kartu debit Anda dan biasanya mereka membebankan pada pengguna yang bukan konsumen bank tersebut saat menggunakan ATM nya. Daripada membayar lebih, pilih bank dengan ATM yang mudah dan tersedia di tempat tinggal atau kerja Anda, atau gunakan kartu debit untuk menarik uang tunai ketika berbelanja.

Jagalah Keamanan
Untuk keamanan maksimum, ambil manfaat dari peringatan gratis untuk kartu debit Anda. Beberapa institusi keuangan menawarkan peringatan rekening otomatis lewat telepon dan email. Peringatan diterima jika :

  • Penarikan lewat ATM atau aktivitas kartu debit Anda melebihi batasan yang Anda tentukan
  • Identitas atau password Anda berubah
  • Terdapat transaksi besar

Jaga Rahasia
Kartu debit Anda membutuhkan PIN (Personal Identification Number) untuk keamanan. Pilih nomor yang unik dan hindari pilihan yang umum seperti alamat, nomor telepon atau tanggal lahir. Selalu jaga kerahasiaan nomor PIN Anda dan ingatlah. Jangan tuliskan dimana pun dan jangan pernah memberi tahu orang lain. Jika Anda merasa nomor PIN Anda telah diketahui, gantilah segera dengan menghubungi institusi keuangan Anda.

Rencanakan Perjalanan Anda
Seperti kartu kredit, kartu debit diterima di jutaan lokasi di seluruh dunia. Untuk perlindungan Anda, penggunaan lintas negara dan jalur internasional dapat mengakibatkan penipuan atau peringatan keamanan dengan institusi keuangan Anda jika pola penggunaan berbeda dari yang normal. Jika memungkinkan, informasikan rencana perjalanan ini kepada bank Anda sebelumnya.

Saat Merchant Menahan Dana di Akun Kartu Kredit
Dalam beberapa kasus, sebuah transaksi yang belum selesai akan membutuhkan sejumlah uang di tabungan Anda untuk ditahan untuk transaksi tersebut. Pada saat Anda check-in ke sebuah hotel misalnya, kartu Anda diverifikasi dan sejumlah dana yang mencukupi lama waktu Anda tinggal akan ditahan. Tetapi, uang Anda tidak dikurangi dari rekening sampai biaya akhir yang mungkin mencakup biaya layanan kamar atau panggilan telepon selama Anda tinggal telah diketahui. Hal ini untuk melindungi Anda dan pemilik hotel dengan memastikan bahwa jumlah uang yang dibutuhkan mencukupi ketika transaksi selesai.

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.