Mengelola Hutang

Punya hutang? Jangan sedih.. Anda tidak sendiri. Seringkali sulit bagi seseorang untuk mau menyadari bahwa dia punya hutang atau masalah dengan pengelolaan hutang.

Pasti sangat berat bebannya jika Anda menyadari berapa jumlahnya dan bahwa Anda tidak bisa melunasi hutang-hutang Anda.

Kunci dari terbebas dari kondisi ini adalah jangan tunda lagi, ambil alihlah kendali kehidupan Anda - jangan biarkan hutang mengendalikan hidup Anda.

Buatlah rencana bagaimana Anda akan mengurangi dan akhirnya melunasi hutang-hutang Anda. Hal ini akan membuat hidup Anda lebih tenang dan membantu Anda berada di jalur yang tepat untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat dan masa depan yang cerah.

Pertama, tanyalah pada diri sendiri apakah hutang telah menjadi masalah besar bagi kehidupan Anda. Bagaimana mengetahuinya? Ini dia tanda-tandanya:

Hapus Hutang Anda

Apakah Anda mengetahui berapa jumlah hutang Anda sebenarnya? Banyak orang yang terjerat hutang yang enggan mengetahuinya.

Mulailah dengan membuat daftar semua hutang yang Anda miliki. Mulai dari cicilan rumah, cicilan mobil, tagihan kartu kredit, koperasi, tebusan gadai, pinjaman lunak dari keluarga dan teman, atau lainnya. Catatkan:

Lalu jumlahkan semua hutang yang Anda miliki. Memang, angkanya bisa sangat mengkhawatirkan, tap ini adalah langkah penting dan positif sebagai langkah awal Anda keluar dari jerat hutang.

Realistislah

Sekarang Anda sudah menganalisa situasi hutang Anda, waktunya Anda melihat anggaran bulanan lalu tetapkan tujuan keuangan yang relistis. Liburan yang sudah Anda rencanakan akhir tahun ini, atau mobil baru yang Anda idam-idamkan mungkin harus ditunda dulu demi mengurangi beban hutang And. Gunakan kalkulator Mengatur Ulang Anggaran (Link to http://www.practicalmoneyskills.co.id/kalkulator/calculate/budget.php?calcCategory=budget ) untuk membantu Anda membuat rencana anggaran.

Jangan patah semangat

Mengurangi hutang itu sama beratnya dengan mengurangi berat badan. Anda tidak akan turun 25 kg tiap bulannya – jadi Anda perlu menentukan tujuan dan target yang realistis dengan kurun waktu yang realistis juga. Begitu juga dengan mengurangi hutang. Bagi sebagian orang, butuh waktu bertahun-tahun untuk bebas dari hutang. Tapi hal ini tidak berarti Anda akan kehilangan kebahagiaan dalam hidup dan tidak boleh menikmati hidup. Anggap hal ini sebagai pengingat Anda tentang perlunya hidup sesuai kemampuan dan kedisiplinan dalam menyesuaikan gaya hidup serta berbelanja agar tidak kembali terjerat hutang seperti sekarang.

Upaya keras Anda untuk melunasi hutang-hutang Anda serta menjadi orang yang bebas hutang adalah sesuatu hal yang patut diperjuangkan. Imbalannya? Hidup serta kondisi keuangan yang lebih cerah!

©2000-2017 Visa. All Rights Reserved.