Keterampilan Keuangan untuk Semua

Hidup Sesuai Kemampuan

Jika Anda seperti kebanyakan orang Indonesia, Anda akan menemukan jika Anda menghabiskan uang lebih banyak dari yang Anda tabung, maka Anda akan terus berhutang. Ini adalah pola mudah yang membuat Anda terjerat hutang dan membutuhkan disiplin untuk melepaskan darinya.

Langkah pertama adalah menyusun sebuah anggaran. Tidak enak seperti kedengarannya, membuat anggaran sebenarnya adalah memeriksa pendapatan dan pengeluaran Anda untuk menentukan dengan tepat berapa banyak uang yang Anda terima dan dimana Anda menghabiskannya.

Setelah Anda mendapatkan pemahaman yang jelas tentang anggaran Anda saat ini, tantangan Anda adalah menemukan tempat dimana Anda bisa mengurangi pengeluaran (atau memperoleh lebih) untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencapai tujuan itu :

1. Pertanyakan Kebutuhan dan Kemauan Anda
Apa yang Anda inginkan? Apa yang sebenarnya Anda butuhkan? Evaluasi situasi keuangan Anda saat ini. Lihat gambaran besarnya. Buatlah dua daftar – satu adalah daftar hal-hal yang Anda butuhkan dan satu lagi adalah daftar keinginan. Ketika Anda membuat catatan, tanyakan diri Anda sendiri :

  • Mengapa saya menginginkannya?
  • Apakah keadaan akan berbeda jika saya memilikinya?
  • Hal apa yang akan berubah jika saya memilikinya (lebih baik atau lebih buruk)
  • Barang-barang apa yang sebenarnya penting untuk saya?
  • Apakah ini sesuai dengan nilai-nilai yang saya anut?

2. Menentukan Pedoman
Kita semua memiliki anggaran berbeda yang didasarkan pada kebutuhan dan keinginan. Tapi membuat sebuah grafik anggaran pada halaman berikut menunjukkan panduan tentang seberapa banyak biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk hal lain. Anda mungkin perlu membuat penyesuaian untuk pembelian kopi di kafe setiap hari atau berkunjung ke kerabat, tapi jangan lupa untuk memotong anggaran dari area lain jika Anda melakukannya.

3. Catat, Pangkas dan Targetkan
Ketika Anda mulai mencatat pengeluaran, Anda mungkin akan kaget melihat bahwa Anda menghabiskan ratusan ribu sebulan untuk makan diluar atau pengeluaran fleksibel lainnya. Beberapa biaya ini mudah dipangkas. Mengurangi adalah cara yang lebih baik untuk memulai dibanding memotong langsung. Realistislah. Langkah ini akan membantu Anda untuk lebih bersiap bagi pengeluaran tak terduga.

Cara Cerdas untuk Memangkas Pengeluaran

Dalam menemukan cara untuk memangkas pengeluaran fleksibel, sangatlah membantu jika Anda mempunyai tujuan yang ingin dicapai dengan menabung setiap bulannya. Menetapkan tujuan tersebut haruslah SMART :

SPECIFIC (SPESIFIK) – Tujuan cerdas haruslah cukup spesifik untuk dapat menyarankan sebuah tindakan. Contoh: Menabung untuk berlibur ke Bandung untuk ulang tahun pernikahan. Tidak hanya menuliskan "Menabung."

MEASURABLE (DAPAT DIUKUR) – Anda perlu mengetahui kapan Anda dapat mencapai tujuan atau seberapa dekat Anda dengan tujuan tersebut. Contoh : Biaya perjalanan ke Bandung sebesar Rp. 2.000.000 dan saat ini Anda memiliki Rp. 800.000.

ATTAINABLE (DAPAT DICAPAI) – Langkah untuk mencapai tujuan Anda harus memiliki alasan dan memungkinkan. Contoh : Saya tahu saya dapat menabung setiap minggu untuk berlibur ke Bandung.

RELEVANT (RELEVAN) – Tujuan itu harus masuk akal. Anda tidak ingin bekerja keras untuk sebuah tujuan yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh : Kami ingin menginap di hotel bintang empat untuk merayakan ulang tahun pernikahan kami.

TIME RELATED (ADA TENGGAT WAKTU) – Tentukan target waktu. Contoh : Saya ingin berlibur ke Bandung pada perayaan ulang tahun pernikahan kami tahun depan. Grafik ini menunjukkan garis besar panduan pada berapa banyak seharusnya pendapatan Anda dikeluarkan untuk pengeluaran yang berbeda-beda. Jika Anda tinggal di daerah dimana biaya transportasi lebih tinggi dari biasanya atau biaya cicilan atau sewa tinggi, Anda mungkin perlu membuat penyesuaian. Juga jika Anda ingin menambahkan bagian untuk pemberian hadiah atau yang lainnya, maka Anda harus mengurangi dari bagian lain.

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.