Keterampilan Keuangan untuk Semua

Bagaimana Tabungan Bekerja

Saat berencana membuka tabungan, sebaiknya Anda tidak hanya memikirkan berapa besaruang yang Anda butuhkan di masa depan. Anda juga perlu mencari cara bagaimana uang Anda bisa tumbuh lebih banyak lagi.

Untungnya, hal ini lebih mudah dilakukan daripada kedengarannya. Faktanya, Anda tidak bisa mengembangkan uang Anda dengan hanya meletakkannya di bawah bantal atau di dalam celengan. Jika Anda menyimpan uang di bank, dapat dijamin bahwa seiring berjalannya waktu, Anda akan mendapatkan lebih banyak uang tanpa perlu melakukan sesuatu untuk itu.

Hal ini karena bank memberikan bunga. Sebagai ganti Anda yang telah membuka rekening dan memberikan uang Anda di bank, bank setuju untuk meningkatkan uang Anda dengan memberikan persentase bunga tertentu setiap tahun.

Misalnya, jika Anda menyetorkan Rp. 1.000.000 di rekening tabungan yang memberikan bunga 6%, pada akhir tahun, bank akan memberikan bunga sebesar Rp. 60.000. Jadi, tanpa melakukan apapun, tabungan Anda telah meningkat menjadi Rp. 1.060.000. Yang lebih bagus lagi, semuanya bebas resiko. Pemerintah menjamin tabungan Anda. Bahkan jika bank bangkrut, Anda akan mendapatkan kembali uang Anda.

Bunga Berbunga
Pada awalnya, bunga tidak terlihat sebagai uang yang besar. Namun bunga bertumbuh seiring waktu dan dapat bertambah dengan cepat – berkat tool penghasil uang yang dikenal dengan nama bunga berbunga/bunga majemuk.

Sederhananya, ini adalah bunga yang didapatkan dari bunga.

Mari kita lihat lagi uang Rp. 1.000.000 di rekening yang mendapatkan bunga 6%. Rp. 1.060.000 yang didapatkan setelah tahun pertama akan mendapat 6% lagi di tahun kedua sebesar Rp. 63.600, atau peningkatan Rp. 36.000 lagi. Setelah Anda tambahkan ke total uang, Anda akan memiliki Rp. 1.123.600. Dan dari jumlah yang baru itu akan mendapatkan bunga 6% pada tahun berikutnya – Rp. 67.416, penambahan lagi.

Selama Anda menyimpan uang Anda disana, uang itu akan semakin bertambah. Jika Anda menyimpan dana Rp. 1.000.000 yang sama dengan bunga 6% selama 40 tahun, Anda akan mendapatkan lebih dari Rp. 10,28 juta dan pendapatan pendapatan dari bunga tahunan Anda akan lebih dari Rp. 500.000 per tahun.

Rumus 72
Salah satu cara mudah melihat kekuatan bunga berbunga adalah melalui "Rumus 72". Ini adalah rumus untuk mencari tahu seberapa cepat uang Anda akan berlipat ganda jika dibiarkan di rekening berbunga.

Yang perlu Anda lakukan hanya membagi 72 dengan tingkat bunga. Jadi jika bunga anda adalah 6%, bagi 72 dengan 6. Dengan tingkat bunga tersebut. akan butuh waktu 12 tahun untuk melipatgandakan uang Anda.

Jumlah Uang Yang Besar
Masih belum tertarik? Ya, 12 tahun adalah waktu yang panjang untuk melipatgandakan uang Anda. Tapi itu jika Anda hanya menabung sekali dan membiarkannya. Jika Anda terus menambah tabungan, uang Anda benar-benar akan berkembang.

Mari kita tengok rekening berbunga 6% itu sekali lagi. Jika Anda menabung Rp. 1.000.000 lagi setiap tahunnya selama 40 tahun, Anda akan memiliki lebih dari Rp. 164.047.684 dan mendapatkan lebih dari Rp. 124 juta dari bunga. Jadi, menabunglah secara rutin dan mulailah segera.

Baca Ketentuan yang Berlaku
Bank dapat memberi, namun juga dapat mengambilnya. Jika Anda tidak berhati-hati, penalti dan biaya dapat dipotong dari bunga yang Anda terima. Terkadang bank juga memotong tabungan Anda. Jadi sangatlah penting untuk membaca ketentuan yang berlaku ketika Anda membuka sebuah rekening tabungan sehingga Anda dapat mengetahui potensi perangkap yang mungkin ada.

Berhati-hatilah pada:

  • Biaya dan penalti. Hal ini biasanya berdasarkan pada ketentuan saldo minimum, tetapi juga dapat dikaitkan dengan transaksi misalnya penarikan melalui ATM dan transfer online.
  • Batasan bunga. Beberapa rekening membutuhkan saldo minimum sebelum bank dapat memberikan bunga.
  • Suku bunga variabel. Beberapa rekening memberikan tingkat bunga berbeda untuk jumlah saldo berbeda. Saldo yang lebih besar akan mendapatkan bunga yang lebih besar.

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.