Keterampilan Keuangan untuk Semua

PilihanTabungan

Tidak semua rekening tabungan sama. Bank yang berbeda menawarkan tingkat bunga yang berbeda pula. Masing-masing bank biasanya menawarkan sejumlah pilihan rekening tabungan untuk dipilih.

Sebelum membuka rekening tabungan, adalah ide yang baik untuk mencari tahu bagaimana Anda akan menggunakannya. Tanyakan pada diri Anda sendiri:

  • Berapa lama Anda akan menyimpan uang di rekening tersebut.
  • Seberapa sering Anda ingin mengambil simpanan.
  • Berapa banyak uang yang ingin Anda simpan di rekening tersebut.

Semua faktor ini dapat memberikan dampak pada seberapa besar bunga yang bisa Anda dapatkan. Sebuah aturan sederhana yang harus diingat adalah waktu adalah uang. Semakin lama Anda berniat untuk menyimpan uang di tabungan tersebut, semakin tinggi bunga yang akan didapatkan. Demikian pula, bank cenderung menawarkan bunga yang lebih tinggi jika Anda bersedia untuk menjaga saldo minimum tersebut. Ini bisa beragam mulai dari Rp. 100.000 hingga ratusan juta rupiah.

Jenis-jenis Rekening Tabungan
Ketika terdapat banyak pilihan jenis tabungan, sebenarnya mereka terbagi dalam empat kategori utama.

  • Tabungan biasa menawarkan tingkat suku bunga terendah, biasanya sekitar 2%. Mereka memberlakukan beberapa pembatasan dalam mengakses uang Anda dan cenderung tidak memerlukan saldo minimum.
  • Tabungan dengan imbal balik tinggi (high yield) adalah seperti tabungan dasar lainnya, tetapi mereka memberlakukan lebih banyak batasan tentang bagaimana pengambilan uang dapat dilakukan dan biasanya memerlukan saldo minimum. Jenis tabungan ini bisa memberikan tingkat suku bunga 3 atau 4%.
  • Tabungan Pasar Uang seperti tabungan high yield tetapi mereka terikat pada indikator pasar umum seperti tingkat suku bunga utama.
  • Koperasi. Seperti bank, tapi dimiliki oleh para anggotanya Mereka cenderung menawarkan bunga tinggi untuk penyimpanan.

Deposito
Jika anda tidak keberatan untuk menyimpan uang dalam jangka waktu lebih lama – dari beberapa bulan hingga beberapa tahun – pikirkan kemungkinan untuk mengambil Deposito. Piilhan ini biasanya menawarkan suku bunga paling tinggi dari berbagai pilihan yang ada.

Tidak seperti rekening bank pada umumnya, Anda tidak dapat mengambil uang kapanpun Anda inginkan - tanpa membayar penalti yang tinggi. Tetapi jenis ini tidak beresiko dan tidak dikenakan biaya.

Terdapat beberapa macam jenis Deposito:

  • Deposito Indeks Saham – didasarkan pada pasar modal.
  • Deposito Yang Dapat Ditarik - memiliki bunga tertinggi dan jangka panjang, antara 10 – 15 tahun. Namun bank dapat 'menarik' rekening jika tingkat suku bunga jatuh.
  • Deposito Global – terikat pada nilai tukar uang.

Carilah tawaran promosi Deposito. Bank terkadang menggunakannya sebagai cara untuk memikat pelanggan baru dengan suku bunga yang tinggi.

Email to a friend

Your Name:
Your Email:
Recipient's Email:
Message:


The information that you provide through this e-mail feature will not be stored by Visa for any other purposes. Please refer to Visa's privacy policy for details.