Menabung

menabungMenabung dan menyisihkan uang untuk masa depan bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda. Seperti masa pensiun yang tenang, uang muka pembelian rumah atau mobil, membeli gadget baru. Dan yang paling oke adalah, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda mau tanpa terjerat hutang.

Tapi, jika Anda seperti kebanyakan orang lainnya, Anda tidak menyisihkan uang sebanyak atau seteratur yang Anda inginkan. Bahkan kemungkinan Anda tidak menyisihkan yang sama sekali. Memang, kebanyakan orang hidup besar pasak daripada tiang – membelanjakan uang lebih dari pendapatannya. Tingginya biaya BBM, keperluan rumah tangga dan harga bahan pokok membuat masyarakat makin sulit untuk menyisihkan uang.

Tapi, ini adalah saat yang tepat. Bukan besok, bukan akhir tahun. Dengan sedikit berusaha, menyisihkan uang itu tidak hanya mungkin, tapi, mudah untuk dilakukan.

Jadikan Sebagai Prioritas

Anda akan lebih terdorong untuk menyisihkan uang untuk masa depan, jika Anda menjadikannya sebagai prioritas. Duduklah dengan tenang dan tentukan tujuan Anda menyisihkan uang: pensiun? Rumah? Mobil? Dana pendidikan? Atau liburan impian ke tempat spesial? Lalu, cari tahu berapa biaya yang dibutuhkan, kemudian, buatlah rencana keuangannya.

Cari Sumber Dananya

Seringkali kita merasa hidup sudah cukup sulit – untuk memenuhi kebutuhan dana saja tidak cukup, apalagi menabung. Padahal, bisa saja Anda punya sumber uang tambahan tanpa Anda sadari.

Ini adalah beberapa cara untuk menemukan sumber dana tambahan untuk menyisihkan uang Anda:

Pay Yourself First

Anda mungkin lebih mengutamakan pembayaran kepada pihak lain – daripada diri Anda sendiri. Seperti tagihan listrik, ponsel, sewa rumah/apartemen/kos, cicilan bank dan lainnya. Padahal, yang penting dilakukan adalah membayar kepada Anda dulu – dengan menyisihkan uang untuk tabungan dan masa depan. Setelah itu, baru Anda bagi-bagi uangnya untuk berbagai pembayaran dan keperluan. Jangan khawatir, Anda akan menyesuaikan diri dengan baik, sehingga uang Anda akan cukup untuk berbagai keperluan Anda. Bahkan, beberapa bank memberikan kemudahan. Anda bisa menggunakan layanan transfer otomatis dari rekening gaji Anda ke rekening khusus tabungan, investasi, reksadana atau dana pensiun Anda.

©2000-2017 Visa. All Rights Reserved.